Wednesday 31 July 2013

Wadah Pemeliharaan Ikan Hias



Akuarium
Akuarium merupakan sarana utama dalam melakukan aktivitas budidaya ikan. Industri ikan hias sebesar apapun pasti juga menggunakan akuarium karena kualitas ikan dapat diketahui dengan jelas dibandingkan jenis bak lainnya.
Ikan sekelas arwanapun betapapun baik kualitasnya, tetap tidak bisa dilihat dengan jelas menggunakan kolam. Nah, disinilah peran aquarium didalam industri ikan hias.
Selain mudah dibersihkan, aquarium juga menghemat tempat karena bisa disusun 3 bahkan 4 susun. Ukurannya pun cukup beragam. Ada aquarium ukuran kecil 40x30x30 cm, ukuran sedang 80x40x40cm, atau ukuran besar sekitar 120x50x50 cm.
Dilihat dari bahan pembuatannya. Akuarium terbagi dua ada aquarium yang terbuat dari kaca dan akuarium yang terbuat dari mika.
Penggunaan akuarium paling baik untuk pemeliharaan benih. Hal ini karena akuarium mudah dibersihkan tanpa perlu takut ikan berukuran kecil akan ikut terbuang. Permukaan akuarium yang transparan juga membuat ikan didalamnya mudah terlihat sehingga apabila ada ikan yang mati dapat segera diketahui dan bisa dilakukan tindakan sedini mungkin.

Kolam atau bak semen
Ukuran kolam atau bak semen sangat bervariasi, tidak ada ketentuan yang mengatur ukuran maupun bentuknya. Umumnya kolam bak semen yang dimiliki pembudidaya ikan hias berada di pekarangan rumah sehingga ukuran maupun bentuknya terkadang disesuaikan dengan ukuran dan bentuk lahan pekarangan. Demikian pula bahan pembuat kolam. Ada yang terbuat dari batako ada pula dari bata merah. Belum ada laporan tentang pengaruh perbedaan ini pada kehidupan ikan.kebanyakan kolam berukuran 1mx1m samnpai 2mx3m. Kedalamanya pun bervariasi dengan kisaran 25-40cm. Kedalaman kolam relatif dangkal memiliki keuntungan, yaitu difusi oksigen dan sinar matahari bisa masuk sampai ke dasar kolam serta menghemat penggunaan air. Bila panas terik, ikan dalam kolam perlu diberi naungan berupa atap atau tanaman air.
Penggunaan kolam berupa bak semen yang masih baru harus hati-hati karena selain bau semen kurang baik untuk ikan. pH airnya pun cepat naik akibat kikisan semen, bahkan bisa terjadi sindrom kolam baru, yaitu kondisi cepatnya pembentukan racun amonia dan nitrit akibat tumbuhnya bakteri pengurai. Oleh karena itu, sebelum digunakan sebagai wadah pemeliharaan, bak semen harius dicuci terlebih dahulu. Selanjutnya kolam direndam dengan air yang sudah diberi batang pisang atau PK. Perendaman dilakukan selama 3-5 hari.
Perlakuan rendaman tidak hanya berlaku untuk kolam baru, tetapi juga untuk kolam bekas pemeliharaan ikan sakit. Hanya saja, setelah dicuci bersih kolam tersebut direndam air PK atau formalin berkadar rendah guna mematikan sisa bibit penyakit dalam kolam. Bila poerlu, kolam dijemur sampai kering. Saluran-saluran kolam diusahakan selalu bersih dan alirannya lancar. Hal ini penting untuk dilakukan karena biasanya endapan air yang tidak mengalir sangat rawan penyakit.
Lingkungan kolam pun sebaiknya dijaga agar bersih. Rumput-rumput jangan dibiarkan tumbuh meninggi karena rumput yang tinggi akan dijadikan media hidup dan berkembang biak bagi capung. Bila ada sampah, sebaiknya segera dibuang agar tidak masuk ke kolam.

Bak Fiberglass
Bak fiberglass merupakan pilihan untuk menghemat tempat dan dapat dipindah-pindah. Selain terbuat dari fiberglass, ada juga bak yang dapat dipindah-pindah dan terbuat dari bahan plastik.
Bentuk kolam dari bahan plastik dan fiberglass bermacam-macam, ada yang berbentuk bujur sangkar, empat persegi panjang, kerucut, dan silinder. Ukuran bak juga beraneka ragam, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.
Bak fiber berbentuk silinder atau bulat lebih banyak digunakan untuk membesarkan benih ikan laut diberbagai industri peternakan ikan besar. Bentuk silindris memangmempunyai kelebihan karena saat diputar dengan arus atau blower, semua air akan berputar sehingga semua spot mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan suplai oksigen. Kebanyakan ikan laut sangat sesuai memakai bak berbentuk demikian. Untuk ikan air tawar tentu mempunyai perhitungan lain. Ikan air tawar ada yang hidup didaerah menggenang (tenang). Mereka tidak terlalu butuh kandungan oksigen terlarut yang tinggi sehingga bentuk kolam konvensional atau bak yang berbentuk persegi panjang dan bujur sangkar adalah pilihan yang tepat.